Senin, 02 Maret 2009

Buku "Oleh-Oleh Pertempuran"

Hari sudah siang, tanggal mulai merambat ke tanggal-tanggal penuh akhir bulan. Ketika seorang teman memanggil dari Perpustakaan, saya mendatanginya dan ngobrol sebentar sambil larak-lirik melihat buku yang disimpan di loker terbuka. Ada sebuah buku kecil, cukup menarik covernya. Putih dan berilustrasi apik menggambarkan pertempuran jaman masa revolusi. Judulnya "Oleh-Oleh Pertempuran" Karya Rukmana Hs terbitan PT Kiblat Budi Utama, 2006, Kumpulan Cerita Pendek yang pertama dibukukan. Saya tertarik dan mengambilnya bersama buku novel Habiburahman El Syrazy dan Novel Ajip Rosidi.
Kembali ke Buku "Oleh-Oleh Pertempuran", maaf bukan berarti mau meresensi buku tersebut. Hanya memberikan sebuah ungkapan kekaguman saya terhadap buku ini dan pengarangnya. Cerita-cerita pendek berbahasa Sunda dalam buku ini sangat menarik perhatian, gambaran revolusi fisik melawan Penjajah Belanda, Jepang dan Gurka di Tatar Priangan pada masa itu begitu terasa dan sesekali meniupkan rasa penasaran saya untuk membaca cerita selanjutnya. Kegetiran ketika perang berlangsung, sliwerannya peluru dan dentuman granat seolah terasa hadir di telinga dan trenyuhnya hati ketika sebuah perjuangan dihianati oleh penghianat. Saya mengapresiasi, buku cerita ini mampu membangkitkan rasa patriotisme dan memberikan gambaran tentang revolusi fisik pada saat itu di tatar priangan. pola kilas balik yang digunakan terasa membawa kita pada saat-saat pertempuran melawan Belanda, uniknya bahasa Jepang dan Uniknya strategi melawan penjajah kala itu. Betul-betul takjub. Saya tidak bisa membayangkan jika saya hadir pada revolusi fisik teresebut. sliwerannya peluru, bergetarnya tanah karena ledakan granat-granat, lelahnya sebuah kontak senjata dengan musuh dan lainnya.
Ajip Rosidi memberikan apresiasi tersendiri di halaman muka kepada Rukmana Hs (pengarang) bahwa cerita peperangan yang ditulis Rukmana bukan merupakan pengalaman pribadi tetapi hasil imajinasi yang ditulis berdasarkan keterangan yang cukup soal-soal teknis dan persenjataan atau keadaan perang. Gambarannya begitu hidup.
Selamat untuk Kang Rukmana Hs.....

Terimakasih atas waktunya untuk berkunjung di rumah kecil ini. O ya, trims juga commentnya.
EmoticonEmoticon