Kamis, 23 Juli 2009

Bantara

Tags

Bismillahirahmaniirahim,
Tadi siang aku mampir ke sebuah toko alat tulis untuk membeli beberapa rim kertas, tinta printer, dan lainnya. Di sudut toko terlihat peralatan pramuka seperti peci, emblin, tanda-tanda kepangkatan di pramuka, tambang dan syal pramuka. Melihat aksesories tersebut aku teringat masa SMA dulu ketika aku ikut aktif di pramuka, waktu itu aku ikut sebuah regu khusus yang disiapkan untuk menjadi Penegak. Penegak adalah anggota gerakan pramuka yang sudah memasuki jenajng umur 16 sampai 20 tahun. Ada beberapa tingkatan dalam Penegak, dianataranya Penegak Bantara, Penegak Laksana, Penegak Garuda. Aku Ikut dalam latihan pramuka untuk calon Penegak Bantara.

Regu ini tiap minggu latihan pramuka, mulai dari baris-berbaris,tali temali, berlatih P3K, dan lain sebagainya. Giliran baris berbaris adalah yang paling melelahkan, jika sampai salah langkah atau salah berhenti ketika jalan di tempat nah hukumannya cukup berat, yaitu skoctjam atau push up. (ini untuk memotivasi supaya sampai bisa). Giliran tali temali juga jika tidak teliti eh..malah berbelit-belit tuh talinya bro..sis..he,.he..
Nah, Untuk lulus menjadi seorang penegak Bantara, calon penegak perlu memenuhi syarat-syarat sebagi berikut (smbr :http://id.wikipedia.org/wiki/penegak_bantara:)

  • Rajin dan aktif mengikuti latihan Ambalan Penegak
  • Telah mempelajari dan menyetujui Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
  • Mengerti dan bersungguh-sungguh mengamalkan Dasa Darma dan Tri Satya dalam kehidupannya sehari-hari.
  • Dapat memberi salam pramuka dann tahu maksud dan penggunannya.
  • Tahu tanda-tanda pengenal dalam Gerakan Pramuka.
  • Tahu struktur organisasi dan Gerakan Pramuka dan Dewan Kerja Penegak dan Pandega.
  • Tahu arti lambang gerakan Pramuka .
  • Tahu arti Pancasila
  • Tahu sejarah dan arti kiasan warna-warna bendera kebangsaan Indonesia, serta dapat mengibarkan dan menurunkannya dalam upacara.
  • Dapat dengan hafal menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bait pertama di muka orang banyak, dan tahu sikap yang harus dilakukan jika lagu kebangsaan diperdengarkan atau dinyanyikan pada suatu upacara.
  • Tahu arti lambang Negera Republik Indonesia.
  • Biasa berbahasa Indonesia di waktu mengikuti pertemuan-pertemuan Penegak .
  • Tahu arti dan sejarah Sumpah Pemuda .
  • Tahu perjuangan bangsa Indonesia dan rencana pembangunan Pemerintah.
  • Tahu susunan Pemerintah Republik Indonesia dari Pusat sampai ke Desa.
  • Dapat berbaris.
  • Selalu berpakaian rapi, memelihara kesehatan badan, dan memelihara kebersihan lingkungannya.
  • Tahu pentingnya bahan-bahan makanan yang bernilai gizi, dan dapat memasak makanan di perkemahan untuk sedikitnya 5 orang.
  • Tahu tentang penyakit-penyakit rakyat yang terpenting, dan tentang cara-cara pencegahannya.
  • Melakukan salah satu cabang olahraga atletik atau salah satu cabang olahraga renang.
  • Tahu adat sopan santun pergaulan Indonesia.
  • Memiliki buku Tabanas.
  • Setia membayar uang iuran kepada Gugus depanya, sedapat-dapatnya dengan uang yang diperolehnya dari usahanya sendiri.
  • Menguasai suatu keterampilan di bidang pertanian, bidang industri, atau bidang lain yang dipilihnya sendiri, tetapi yang dapat diharap kelak akan berguna bagi kehidupannya.
  • Dapat membaca jam dan menggunakan kompas .
  • Sudah pernah berkemah sekurang-kurangnya 4 hari berturut-turut.
  • Pernah ikut serta kerjabakti gotongroyong yang ditugaskan oleh Pembinanya .
  • Keagamaan (disesuaikan dengan agama masing-masing)
Bro and sis...
syaratnya banyak juga ya? syarat-syarat itu diujikan. Aku juga menempuh syarat-syarat tersebut. Sebagian syarat-syarat sih disesuaikan juga. Nah giliran menyanyikan lagu Indonesia Raya, adalah yang paling unik. Tiap-tiap calon penegak Bantara harus menyanyikan di depan umum, saat itu masing-masing calon penegak menyanyikan lagu di depan teman-teman sendiri, sikap badan yang tegak dan bernyanyi penuh semangat , dan harus penuh percaya diri. Saat menyanyikan lagu tersebut dengan semangat memang ada kenikmatan tersendiri, rasa kebangsaan kita, sebagai bangsa yang merdeka, sebagai bangsa yang besar begitu terasa.

Indonesia..tanah airku, tanah tumpah darahku...
Disanalah aku berdiri jadi pandu ibuku...dan seterusnya..

syair-syair itu begitu indah, lagu ini begitu dihormati, begitu dibanggakan,
dan menggugah rasa nasionalisme, rasa senasib seperjuangan, serta memperkokoh perjuangan untuk bersatu, membangun bangsa mencapai kebahagiaan bersama.

Diakhir masa latihan, aku lulus ujian dan memenuhi syarat menjadi Penegak Bantara. Mengikuti latihan ini merupakan pengalaman berharga ketika itu, menurutku. Selain menyalurkan hobi juga mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.
Siaappp grakk...untuk para blogger!... hormattt..grakk!..

wassalam






30 komentar

Wah kalau liahat di sma keren yaa ada tanda pangkatnya, saya dulu aktif di Pramuka tapi nggak sampai jadi Bantara, soalnya langsung jadi perwira he he he (emang ada?)

Assalamu'alaikum...
Gmana kabar...??
Flashback to scouting tempoe sma yahh... hemm...
Kisah pramukaku kandas sampai tingkat penegas ajahh... hehhee... coz rada maless latihan sore2...

Wassalamu'alaikum wr wb

assalamualaikum,
big sugeng : perwira bantara kali mas, he..he..
ah..pangkat kan bkn utk cari kerennya, hanya simbol aja.
azzare : alhamdulliiah sehat. yups flashback, pramuka..ga papa he...he..

salam kenal dulu...

menikmatin saja..LD

wah,, jadi inget jaman smp dulu deh.. aku ikut pramukanya pas smp soalnya,, pas sma udah ga aktif lagi di pramuka...

waaaahhh kalo ceritanya buwel nggak pernah jadi bantarra neh.....pas ada kegiatan pelantikan ndilalah sakit terus...hehehehhe

assalamu'alaikum warohmatullohi taala wabarokatuh...

selamet selamet selameettt...
bantara?!?!? dasa darma ajja gag apal2... :( kelasnya siaga gag lulus2... hihihihih.. ikutan paling klu persami duang :p hehehhe...

wassalamu'alaikum warohmatullohi taala wabarokatuh...

wakwkakwkak....
jangankan bantara pancasila aja sekarang dah lupa" ingat tuuuuuhhh...ekekkekeke
sila ke 4 apa yak kira" bunyinya...huehehehe

wedewww.... hebat ih mbak. masih inget aja. Kalau saya mah, inget waktu SD, bapak pramuka aja kagak tahu :D

wadu mbak hebat ya .....
lo saya sekarang dah lupa tuh dan dulu ga tau,,,juga
he,,he,,he,,,,

jadi teringat masa lalu :)

Ass.
Wahhh mba dulu aku paling males di ikutan pramuka, tp semejak smp uda suka banget ama yg namanya berkemah, trus lama2 suka keluar masuk hutan deh...duh uda lama nih ga ke hutan
Wass

Jadi ingat masa sma doeloe...baru ikutan...pas sd and smp...laen ekskulnya sih....

waduh..banyak syaratnya...mesti yg terpilih saja yg boleh...

tepuk pramuka
semngat buat rara
tempo dulu (sekolah) memang asik
hehehehe

assalamualaikum,
menjelang libur nih, saptu minggu.
mdh2an semua sehat.
mhn maaf negok bentar ni rumah, blm smpt komen apa-apa.
ma ksh atas knjungannya.
wassalam

Assalaamu alaikum.

Wuaaah syaratnya bnyk bngt, makanya saya lbh suka ikut PA pas di STM dulu

Hmmm jadi inget masa2 sekolah ni Neng...
aku paling rajin lho pramukanya

Saat aku SMA, pramuka merupakan kegiatan extra kurikuler, dan aku nggak ikut.
Yg aku tahu gerakan pramuka nya bekerjasama dg perhutani, saka wana bhakti.
Btw, gerakan pramuka tetap up to date untuk membentuk generasi penerus yg lebih berkualitas.,
Wass....

waduuh banyak banget tuuh peraturannya,,meski aku orang yang taat peraturan tapi kalo seambrek gitu maah mending nyerah deeh..tapi kalo dijalani juga it's OK betul enggak??

ass
teringat masa lalu nih sis heheh.masa yang melelahkan tapi mengasikkan ya..:D.saya punya dikit tragedi waktu kemahjuga sis.waktu itu ada salah satu teman saya yang tidurnya ngorok dan mulutnya terbuka.karena kami nggak tahan denger orokannya , ada yang punya usul.katanya olesi aja mulutnya pakai garam.Eh dasar emang saya juga usil, nurut aja.saya olesi itu mulut pakai garam.paginya bibirnya bentol gede banget hihih.lapor dia ke pembina.wuahaha langsung saya dkk distrap menuhin bak air minum hihi.
eh kok jadi curhat :D gitu aja ya sis...
wassalam

Yup terus semangat, salam kenal....

tetep semangat neng ;) dan met wiken :)

wah lama ndak mampir kesini jadi kangen... heheheh...

pengalaman emang hall yg tak bisa dilupakan... apalagi masa SMA... nice story ,,, !!

ada kontes nih neng rara, mau ikutan ??

maaf, cuma absen nih....:) sukses ya sobat

mampir lagi sambil bawa teh anget sama pisang goreng :)

assalamualaikum,
trims sobat semua,sy baru nengok rumah lagi. kemarin 2 hari hanya, kebagian 2 hari baru kebagian jd narasumber di sebuah diklat.
mhn maaf blm kunjung balik.
wassalam

Terimakasih atas waktunya untuk berkunjung di rumah kecil ini. O ya, trims juga commentnya.
EmoticonEmoticon