Minggu, 04 Juli 2010

Musim Liburan, Musim Masuk Sekolah

Tags

Musim Liburan, anak-anak sekolah, mulai TK, PAUD, SD sampai anak kuliah sedang menikmati masa liburannya. Salah satunya keponakanku. Ia begitu asyik menikmati jeda sekolahnya. Biasanya jam 5 pagi ia sudah mandi, makan pagi dan berangkat sekolah. Masa liburan ini, ia bangun jam 5 pagi lalu nonton film kartun sampai siang..he hehe enak banget ya?.
Masa liburan juga membikin tempat-tempat wisata begitu penuh, saya berkesempatan mengantar anak ke Kebun Binatang Bandung. tiketnya Rp.11.000,- mulai usia anak 3 tahun. (mmhhm..cukup mahal juga, jika dibandingkan dengan tiket Kebun Binatang Ragunan Jakarta).
Kebun Binatang Bandung awalnya dikenal sebagai taman Botani. Diresmikan pada tahun 1923 untuk memperingati Jubileum Ratu Wilhelmina dari Belanda. Nah sehingga namanya cukup sulit. Jubilueumpark. Wah sulit juga ya mengeja nya?. Tahun 1950-an nama Jubileumpark diganti menjadi Taman Sari. Sampai sekarang Taman sari menjadi sebuah jalan yang dikenal masyarakat.
Dulu, taman ini hanya ini dikunjungi oleh para peneliti, seiring perubahan zaman, tempat ini dikunjungi sebagai tempat wisata yang layak dikunjungi oleh para keluarga Indonesia, baik dari dalam negeri maupun wisatawan asing.
Ketika masuk pertama, suara kicauan burung-burung menyambut kita, meski saya khawatir nyanyian mereka adalah kicauan kesedihan atas hilangnya sebuah kebebasan. Lihatlah Gajah, Harimau, Orang Utan, seringai mereka adalah senyum keterkungkungan, ketertekanan meski makanan tetap tersaji tiap pagi.<
Semakin masuk ke dalam taman Bun Bin, semakin banyak aneka ragam binatang yang kita temui. Anak saya berkata, "ow..itu Gajah ya?, " Lho kok sama dengan gajah yang di Ragunan ya Bu?,". Saya hanya tersenyum.
Saya berhenti di depan kandang Orang utan. Anak saya ketakutan, ketika melihat orang Utan itu menggigit sebuah botol minuman dan menyeruput isinya.,"Lho..itu kan minuman penambah energi?,", seruku dalam hati.(beberapa pengunjung tidak mentaati aturan bahwa tidak boleh memberikan makanan dan minuman kepada hewan. Di sudut luar kandang, seorang ibu termenung, ia bergumam :
," ah mengapa kita datang ke tempat ini, si Anto kan masih dalam proses pendaftaran sekolah,"
," mahal sekali masuk sekolah jaman sekarang,"
," mereka bilang, ini sekolah plus-plus. Eh,..biayanya juga plus-plus"
," daftarnya juga banyak plus-plusnya,".
'" biaya hidup kita tersedot oleh yang plus-plusnya itu lho pak,". Si Ibu terus mengomel.
," musim liburan mestinya senang-senang, kok mikirin yang plus-plus, bu," jawab si bapak.
'" Sudahlah Bu, mari kita lihat unta dan burung kasuari,". Anak-anak mereka berlarian menuju kandang unta. Si Bapak menggendong tas besar berisi cemilan dan makanan. Ia nampak kecapean.
Saya bersama anak mengunjungi kandang babi hutan.
Mungkin jika anak saya besar kelak, biaya sekolah semakin tinggi dan tak bisa berkesempatan mengunjungi tempa ini lagi.

6 komentar

3 thn di bandung dan tiap hampir tiap hari ngelewati tp ga pernah mampir padahal uda ngerencanain pas hari terakhir di Bandung harus masuk ke bonbin Taman Sari
terimakasih mba telah membangkitkan kenangan2 indah sewaktu di Bandung

aku suka tuh ngajak anak anak ke kebun binatang
pasti jadinya seruuuu dan rame banget

mampir sebentar :)

have a nice day ^^

musim liburan, les privat ikut libur jg jadiny kerjaan ikut libur... duitny ikut libur :(

ternyata plus-plus lg ngetrendny, konotasi negatifny jdi hilang..

Salam kenal :)

semuanya kok plus-plus....ck..ck...

Terimakasih atas waktunya untuk berkunjung di rumah kecil ini. O ya, trims juga commentnya.
EmoticonEmoticon