Senin, 02 November 2009

Pulang Ke Tasikmalaya...


Bismillahirahmanirrahim....
2 minggu sudah kutinggalkan dunia maya, tanpa ngenet, tanpa fesbuk, tanpa chatting dan kegiatan download serta ngeblog...Thanks temen-temen yang sudah meluangkan waktunya berkunjung ke rumah ini. Saya merasa masih ada yang sudi mampir ke tempat ini tanpa saya datangi ulang ke TKP yang bersangkutan...memang rasanya kurang afdol ketika tidak kunjung balik bagi saya. Mohon maaf ya..
Hari Jum'at lalu saya pulang ke Tasikmalaya, bersama si merah yang setia. Maksudnya sengaja saja, ingin menengok orang tua dan Bapak menelpon, bahwa kolam ikan tempat pembenihan ikan kecil akan di pindahkan ikannya ke tempat lain sehingga saya diharpkan hadir sekalian liburan bersama si manis dan hafung...
Di jalan By pass Cicalengka-Nagreg terlihat beberapa personel polisi lalulintas sedang melakukan operasi pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor. Beberapa mobil dan motor diberhentikan dan diperiksa kelengkapannya. Dulu sebelum memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi) saya sangat takut jika ada pemeriksaan karena memang bersalah membawa kendaraan tanpa SIM. Pelanggarannya kan cukup berat juga. Tapi saat itu saya tidak diberhentikan, entah kenapa Padahal mobil dan motor lain diberhentikan. Akhirnya saya berhenti disebuah warung dan melepaskan lelah sejenak sambil melihat aksi pak polisi menegakkan peraturan lalulintas memeriksa kelengkapan motor dan mobil.
Seperti biasa, jika mobil dan motor diberhentikan, Pak Polisi terlebih dahulu memberi sapaan sebagai pelayan masyarakat.
," Selamat siang, mohon maaf menggangu perjalan anda."
," Bisa lihat kelengkapan sura-suratnya, SIM, STNK ?,"dengan penuh hormat.
Bagi mereka yang lengkap sih, biasanya raut mukanya tenang-tenang saja tapi bagi yang surat-suratnya tidak lengkap kelihatan gugup dan memerah mukanya serta berbicara mengemukakan segala alasan ini dan itu..saya suka tersenyum sendiri.
," ternyata, masih ada juga yang motornya bagus, atau mobilnya mewah pengendaranya tidak membawa kelengkapan surat kendaraan,..entah apa alasannya.
proses selanjutnya, jika lengkap si pengendara dipersilahkan melanjutkan perjalanan, jika tidak lengkap ya diberikan tindakan tilang. Hukum harus tetap ditegakkan bagi mereka yang melanggar kan ?
Tugas Polisi lalulintas dalam kegiatan ini cukup berbahaya, mereka perlu hati-hati ketika akan memberhentikan kendaraan yang lalu lalang, sebab bisa saja para pengemudi yang nakal tidak memperlambat kendaraannya, bahkan menyerempetnya karena memang ia tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan.
Sambil melepas penat, saya minum secangkir kopi hangat. penjaga warung adalah seorang anak kecil, usianya sekitar 11 tahunan. ia menunggui dagangannya sambil terkantuk. Saya tersenyum saja. Kutegur untuk diajak ngobrol.
Saya : Neng, tidak sekolah ? kok jam segini jagain warung ?
Neng penjaga warung : Tidak bu, nanti siang jam 1.
Saya : O..kelas berapa?
Neng penjaga warung : kelas 5 SD. Sambil melihat cermin kecil, ia senyum-senyum melihat sebintik jerawat imut di pipi kanannya.
Saya : Kenapa, senyum-seyum gitu? ih..kok udah jerawatan...sapa saya
Neng penjaga warung ; ah..ibu. ga apa-apa kok. itu teringat si Arman. temen saya, saya baru saja di tembak...he..he...(rupanya ia lagi jatuh cinta)
Saya : ah..anak seusia kamu belum saatnya pacaran neng...
Neng penjaga warung : ah..ga apa-apa bu. saya kan masih belajar....belajar pacaran...he,...he..
Saya : iihh..masih kecil udah belajar pacaran...saatnya belajar neng, mumpung masih kecil. Mau jadi apa kalau masih kecil sudah belajar pacaran?
Neng Penjaga warung : Jadi dokter bu..Dokter cinta...he..he,,kembali ia tersenyum kecil
Saya : Dokter cinta ?, maksudnya ?
Neng penjaga warung : Ia, itu yang suka menasehati orang-orang yang putus cinta biar enggak putus asa dan bunuh diri. Banyak kan Bu?
Saya : O begitu..
Setelah hilang sedikit penat, saya kembali melanjutkan perjalanan, menggeber si Merah di tikungan-tikungan tajam nagreg menuju Tasikmalaya...
Selamat tinggal pak polisi..neng penjaga warung...mari...



15 komentar

welcome back mbak...
si neng gampang sekali terbuka ama orang ya?
salam mbak...

hehehehe,,
anak sekarang bgitu ya,,

assalamualaikum,,lama nih saya ga mampir,,hehehe

Oooow.... pantes aja Neng Rara ndak pernah nampak berkeliaran BW

Ass.
Mba dulu sebelum saya punya SIM, saya sering banget distopin polisi buat diperiksa surat2nya, giliran uda punya ga ada polisi yg meriksa
Si Eneng pasti cakep ya? kecil2 aja uda jadi inceran cowo
Wass.

ass
welcome back sis...wah rupanya lagi mudik ya.
hmm...nggak aneh ya anak zaman sekarang.kecil-kecil dan pada tahu pacaran heheh.
Btw,take care everywhere you are ya sis...
wassalam...

assalamualaikum...
alhamdulillah semoga keindahan pagi masih bisa kita lihat dan rasakan esok pagi. Terimakasih Ya Allah.
Berry : begitulah anak sekarang...
oche : weleh ce..kemana aja masih di jepang ceu?
kang sugeng : iya ni mas..ya..orang kuli mah repot juga ngatur waktu teh...
exort : ha..ha..sama bang. dulu sy sering kena tilang, giliran lengkap surat-suratannya eh pak polisi hanya melambaikan tangannya aja...bravo pa polisi
aisha : thanks mbak..iya ni lg mudik. anak-anak sekarang mereka lebih cepat dewasa ya? beda dgn jaman saya dulu, ketika SD ga tau apa-apa ttg pacaran...
ah masa lalu..
ma kasih temen-temen ya..
salam untuk semua

salam sobat.
wah senangnya bisa pulang kampung..
saya pernah juga mba,,keTASIKMALAYA,,
saya sekeluarga senang sekali saat disana mba,,
sayang cuma sebentar saja waktu itu,,karena liburnya cuma 2 hari.

salam kenal ya,,

pulang... selalu menyenangkan ya??

wah namanya neng rara, seperti keponakanku yang imut dan lucu, namanya sama ...salam kenal ya..follow balik ya mba ...

cerita sedikit berkenaan sejarah TasikMalaya.........Mengapa dinamakan TasikMalaya?

Assalamu'alaikum.
senangnya yg bisa pulang ke rumah.. :) :) saya kapan ya....
saya pernah punya pengalaman saat di razia, dulu waktu masih kuliah. saat cegatan, saya tenang2 saja krn membawa surat lengkap. tapi stlah saya serahkan sim stnk, p polisi malah bilang: maaf mas, sim Anda sudah mati bulan yang lalu. whattt..!!! (gggeeeeerrr.....)
wassalamu'alaikum.

heran... anak jaman sekarang udah pada pinter cinta cintaan.. bisa bahaya tuh... pengaruh buruk sinetron ini...

assalamualaikum...
nura : thanks nura, kembali bisa ngobrol dengan teman jauh dari tanah arab.say sangat senang.
elsa : yah..begitulah.yg namanya pulang kampung selalu bersemangat mbak..
vie : o gitu mbak vie, sama -sama rara yap?
noorkipli : Tasikmalaya berasal dari kata "ngalaya" (bahasa sunda), artinya menyebar. Ceritanya ketika gunung meletus pasir-pasir "ngalaya" (menyebar), ke berbagai daerah. sehingga disbutlah tasikmalaya. Daerahnya terdiri dari para pengrajin yang dikenal ulet...
lbh lengkap bisa kunjungi webnya kabupaten tasikmalaya.
adeska : hhihihi..kena tuh bang. makanya sblm berngkat teliti dulu segala kelengkapan kendaraan termasuk SIM dan STNK...
salam
ali mas'adi : sepertinya demikian mas ...
salam

kalo di surabaya peraturannya lebih ketat, kalo mengangkat HP saat di berkendara, didenda Rp.1jt
btw kok nggak ada foto si neng penjual, jd penasaran jd orang kok gt,hihihi...

perjalanan yang menyenangkan..

Terimakasih atas waktunya untuk berkunjung di rumah kecil ini. O ya, trims juga commentnya.
EmoticonEmoticon