Minggu, 19 April 2009

Safari Tiga Lokasi

Kembali dari tiga kota yang berbeda memang cukup menguras energi dan stamina. Kegiatannya sama yaitu visitasi dan verifikasi lapangan terkait dengan sebuah program kegiatan yang di danai oleh pemerintah pusat. Tiga hari tersebut yaitu Hari Kamis tanggal 16 April 2009 ke Kota Bekasi, 17 April 2009 ke Kabupaten Sumedang, dan 18 April 2009 ke Kabupaten Ciamis.
Kota pertama yang dijambangi adalah Kota Bekasi. Berangkat dari Bandung jam 7.00 pagi, menumpangi travel yang nyaman dan waktu tempuh sekitar 2 jam. Memasuki Tol Cipularang mata mulai mengantuk, sabab malam sebelumnya prepare bahan-bahan untuk visitasi. Pemandangan indah menggelitikku untuk mengambil gambar meski hanya dengan sebuah HP, tret..tret beberapa lokasi aku ambil gambarnya meski dari dalam kendaraan yang melaju
kencang menembus pagi yang sejuk.

Tiba di Kota Bekasi tepat jam 9 pagi, sesuai dengan perkiraan. Setelah melepas lelah, dan sedikit sarapan, kami menuju instansi yang akan di verifikasi. Seharian mengecek dokumen dan administrasi program yang diajukan dalam proposal, mata dibuat puyeng. Setelah selesai melihat dokumen, kemudian saatnya verifikasi lapangan untuk mengecek kondisi riil lapangannya, kegiatan ini dilakukan untuk menyesuaikan kenyataan dilapangan sesuai dengan proposal yang diajukan. Wuih..akhirnya selesai juga, kembali dari Kota Bekasi, menjelang sore. Setelah pesan tiket travel, aku kembali menuju Bandung.

Sepanjang tol hujan lebat, melihat ke depan cukup gelap hingga beberapa kendaraan menyalakan lampunya. Sepanjang perjalanan aku berdoa, mudah-mudahan lancar dan selamat, kendaraan berjalan lamban, hingga jalan tol sesak oleh kendaraan lain yang berjalan pelan dan hati-hati.
Tiba di Bandung, cuaca cerah. Aku menuju penginapan dan makan malam selanjutnya...mmh. Bisa di tebak. tidur nyenyak. Bangun pagi jam 4.00, belum shalat isya. Aku terkejut dan loncat dari tempat tidur, Allahu Akbar!seruku. Aku berdosa, meninggalkan Shalat fardhu. Sambil tergesa aku menuju toilet, lalu berwudhu dan menunaikan shalat Isya. Ya Allah, ampuni aku. aku melupakanMu, di heningnya subuh aku bersujud.Sedih sekali. Aku menangis.
Beberapa menit kemudian, kumandang adzan subuh datang. Semakin menyedihkan, Aku menunaikan shalat Isya di akhir waktu sekali.
Sesaat setelah memohon ampunan setelah shalat Subuh, aku mulai berkemas, kota kedua yang harus kukunjungi adalah Sumedang. Menyiapkan beberapa dokumen dan mengecek penginapan yang layak di Sumedang di internet. Setelah sarapan, aku menunggu teman yang membawa kendaraan. Pukul 7.30 pagi aku berangkat ke Sumedang, setibanya di instansi terkait seperti biasa mengecek dokumen dan kondisi lapangan apakah sesuai dengan ajuan diproposal atau tidak, lalu mengecek komponen-komponen pendukung dilapangan. Kegiatan selesai selepas Ashar, Aku tidak jadi menginap di Sumedang. Kami berdua melanjutkan perjalanan menuju Priangan Timur, menuju Ciamis. Kabupaten di Jawa Barat yang paling timur. Tiba di Ciamis sekitar pukul 19.00 malam, setelah sebelumnya Shalat magrib di Mesjid Itjeu Tasikmalaya.Tidak sulit mencari penginapan di Ciamis. Saya dan teman istirahat, makan malam dan ngobrol sebentar tentang kegiatan di Sumedang tadi. Menjelang malam,aku tidak bisa tidur. Kusegerakan shalat Isya, takut tertidur lagi. Alhamdulillah setelah shalat, mataku terpejam, tidur pulas mendatangi apa yang ingin kudatangi,mimpi..mimpi.
Selepas shalat subuh, aku berkemas dan melakukan persiapan. Kamera, dokumen untuk bahan visitasi dan verifikasi, ballpoint, instrumen, dan membaca ulang proposal. Jam 8.30 pagi, aku dan temanku sudah tiba diinstasi yang akan diverifikasi. Mereka menyambut dengan hangat, menjawab setiap butir instrumen dan menunjukkan kondisi lapangan seperti yang tercantum di proposal. Aku dan temanku saling mengisi, melengkapi takutnya ada data yang tertinggal. Tidak lupa mengambil beberapa gambar yang diperlukan. Setelah semuanya selesai, kami berkemas pulang, menuju Bandung, menempuh kelokan dan tanjakan gentong diwilayah Tasikmalaya bagian barat, menapaki tanjakan Nagreg yang berliku tajam. Tiba di Bandung, kami berbagi tugas, merekap instrumen dan menyusun laporan. Bagian inilah yang kadang membuat malas, bila tidak membaca surat tugas, " 4 hari setelah melaksanakan tugas laporan harus sudah tersusun dan disetorkan," !.
Wuiih...nyusun laporan yuukk..
Ketika membuka instrumen dan mau merekapnya untuk dibuatkan laporan, seorang teman datang, Neng..tar Jumat ke Belitung ya, 4 hari! tiket pesawatnya sedang di pesan. Aku ga menjawab, melongo..lah kapan bertemu Hafung dan Si Manis?...

20 komentar

jauhnya perjalanan...luasnya permandangan...negara indonesia memang luas

Ass.
yups, btul boss. Indonesia adalah negara kepulauan. sejuta pemandangan elok selalu disuguhkan, kuasa Illahi. Allahu Akbar.
wassalam

Pemandangannya indah bngt ya Teh... Jd pngn plng ke Jogja.

Sesibuk apapun aktifitas kita, jng prnh ninggalin Sholat.
Wass.

bener,rio.
sy stuju banget.
kpn dong plg ke jogjanya?
wassalam

perjalanan yang seru, tapi kalo 3 hari berturut2 gitu capek juga ya he.h.e.. sampe2 lupa sholat isya pada wktunya.

Lha kok blum ngaso udah diajak ke belitung lagi? Wuih hidup yang indah.

Saya udah lama neh g pernah travelling lagi.

Pokonya semangat...
Tu smua membuktikan kebesaran Allah...
Bersemangat...

Wah sewru tuwh Mbak...

Aku ja belum pernah nyampe di Kawah Putih, padahal sudah dibandung hampir setahun hihihihi..

Maybe nanti lah ke sana...

Salam hangat Bocahbancar.....

Ass.
iri deh ama org2 yg kerjaanya bs jalan2, jd ga bosen dikntr melulu bs liat2 pemandangan walaupu pasti cape jg sih
wass.

memang harus diakui kalau negera sendiri juga lebih bagus dari negeri si bau kelek disini.. moga2 diberi kelancaran yah dalam tugas2 berikutnya.. seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari afrika barat!

enaknya ngebut di cipularang
hehehehe abisan di tempatku gada tol

ass.
semoga kshtan slalu ada pada kita semua.amin.
seno : bnr mas, mau ngaso dulu rncananya tp kntr minta sgra brgkt minggu ini ke blitung. mhn doanya ya.
trini; stuju, kebesaran Allah tidak ada bandingnya.
bocahbancar: camping di kawahputih mas,sekali-sekali, mantab!lho..
exort : yups betul boss,kadang
dikntr trs bkn jemu, tp kadang ke lapangan terus jg cape.
ksatrio : siap komandan!sy laksanakan tgsnya dgn baik..he.he
thanks doanya. jika plg ke indoensia bw miniatur gading gajah afrika ya..
trims utk semua

eit..attaya maaf
ktinggalan..
makanya ajuin bikin tol di riau sono coy...
mari semua,

assalammu'alaikum...

neng, ada award nih.
diambil ya

wass

mlaku ae mumpung sek duwe sikil

Heny, makasih awardnya.bagus.
o ya,selamat hari kartini.
usaman ; slmt datang di rumah kami usman,senang sekali.
wassalam

wow perjalanan yang panjang,dan meletihkan tentunya.Tapi mengasiikkan,..sambil melihat-lihat pemandangan yang indah-indah.

Ass.
setuju aisha, ckp melelahkan. tp memang harus dijalani sebagai sudah bagian dari tugas dan pekerjaan saya.

Assalamualaikum.
wah, rihlah yang padat aktivitas dan kewajiban.
jadi rindu utk traveling lagi, tp sulit mencari waktu yg pas. sukses utk visitasi dan program lapangannya.
wassalam.

mbak..pemandangannya Indah banget
kalo ke Sumedang mampir ya.. ke ehm..ehm ku
ha..ha..ha

semoga pagi ini teman-teman semua mendapat berkah dari Allah SWT.amin
Adeska: iya mas ades, kpn traveling lg dong, rindu tulisannya mas ttg traveling yg khas
Itik bali : mmh..ntu siapa tik, aduhh tar jk ketmu mbak si mmh nya gmana tuh, bisa berpaling...he...
gurau-gurau..
mari teman-teman
wassalam

Terimakasih atas waktunya untuk berkunjung di rumah kecil ini. O ya, trims juga commentnya.