Rabu, 17 Maret 2010

Ibu Muda

Hujan rintik, menghiasi langit ini. Siang makin merangkak. Aku bergegas mencari makan siang. Si Merah mendampingiku menuju tukang baso dipinggir jalan. Tampak Mang Tukang Baso, dikerubuti pelanggan (ada laki-laki dan perempuan). Seorang ibu muda, menggendong anaknya. Kudekati, eh..tiba-tiba si anak menangis. Tak segan-segan si Ibu Muda, mengeluarkan payudaranya (maaf) kemudian menyusui anaknya meski pun banyak orang disekitarnya.
Pengorbanan Ibu Muda,tak sungkan-sungkan ia menyusui anaknya didepan khalayak. Ah, ia begitu ikhlas, masih tampak matanya yang memerah mungkin tadi malam kurang tidur karena menyusui anaknya, tampak si ibu muda meringis mungkin menahan rasa sakit akibat sedotan kuat si kecil saat menyusui.

"Kasih Ibu...."
"Jangan biarkan susu botol mengantikanmu ibu..."

Menyusui memang tidak hanya sekedar memuaskan si kecil, tetapi terjadi pandangan mata antara si kecil dan ibunya, maka terjadilah hubungan batin antara anak dan ibu. Menyusui dihubungkan dengan pengeluaran oxytocin. Dan Oxcytocin diproduksi sekitar area otak dan membantu aktifitas otak untuk mengembangkan naluri keibuan. Air susu ibu merupakan yang terbaik, sebab sangat membantu perkembangan bayi dan stamina bayi itu sendiri.
Di satu sisi, ada penelitian yang menyebutkan jika ibu tidak menyusui cenderung lebih mudah melakukan penyiksaan terhadap anak-anaknya. Sayang saya kurang pengetahuan detail tentang penelitian ini.

Semoga kita selalu berusaha menjadi ibu yang baik
salam

14 komentar

Prtamaxxxxx hhhhehhhehh....

OOohhhh, mamammammmahhhhh....
jddii inggettt mamamhhh...

pengorbanan dan kasih sayang, terima kasih untuk Ibu di seluruh dunia..

assalamu'alaikum..
apa kabar sis?aduh,kapan ya aku menjadi seorang ibu? iri banget deh sis.

Ibu...
Saya kehabisan kata-kata untuk pengorbanan dan kebaikan seorang ibu.

memang pengorbanan seorang ibu tak ada yg bisa menggalahkannya :) tq dah berbagi :)

assalamu'alaikum
pengorbanan seorang ibu tak dapat dinilai dan digantikan

yup setuju!!
Allah menciptakan ASI dengan berjuta manfaat. selain kandungan gizi dan makanan di dalamnya, Asi juga mampu menumbuhkan kontak batin antara ibu dan anaknya.
hebat sekali memang

speechless.... kasih ibu... hmm... aku juga mau seperti itu nantinya, insya Allah :)

Assalamualaikum. no doubt! ada kontak fisik, relasi badaniah (irama detak jantung) dan komunikasi batin selama proses menyusui. maka sayang jika ada ibu muda dlm kondisi tidak ada halangan menyusui namun enggan menyusui bayinya, sungguh sayang. beruntung jika masa susuan digenapsempurnakan dalam hitungan dua tahun.
Wassalamualaikum.

tapi... hiks hiks hiks... dua keponakan saiia jelas jelas gag perna nyobain asi sepertinya... akankah ada dampak negatifnya kelak?!?!?

tugas ibu memang luar biasa mulia. moga wanita senantiasa bisa memahami garis kodratnya

Guys,

Support The Earth Hour, by turning off all the electricity for an hour on Saturday, March 27'th 2010, 8.30 pm.

Dukung The Earth Hour, dengan mematikan semua lampu dan listrik selama 1 jam, pada hari Sabtu, 27 Maret 2010 mulai dari jam 20.30 malam.

This is the least we can do....


Love the Earth...

Ninneta

Terimakasih atas waktunya untuk berkunjung di rumah kecil ini. O ya, trims juga commentnya.
EmoticonEmoticon