Senin, 01 Maret 2010

Cikoneng

Hampir 15 hari saya tidak posting. Ada beberapa hal yang harus diselesaikan baik urusan intern maupun keperluan pekerjaan. Halo, temen-temen. Sehatkah?
Assalamualaikum...
Cikoneng adalah sebuah nama kecamatan yang merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Cikoneng berada di bagian barat Kabupaten Ciamis, berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya. Ada yang menarik dari kecamatan ini, yaitu banyak munculnya wirausaha rumah tangga yang bergerak dalam produksi makanan ringan. Bentuk makanan ringan yang banyak diproduksi di daerah ini yaitu aneka jenis kerupuk, jitnong (wajit borondong), borondong jagung,tengre (tengteng pare (padi)), kerupuk sengsara, marning,makaroni pedas, dan lain-lain.
Teman-teman tentu masih baru mendengar aneka jenis makanan ringan diatas. Atau ada yang sudah pernah mendengar?. Nah baiklah saya jelaskan satu persatu.
a. aneka jenis kerupuk .
Jenis kerupuk yang diproduksi oleh para wirausaha rumahan di cikoneng memiliki banyak variasi. Aneka jenis kerupuk yang di produksi antara lain kerupuk berbentuk akar kelapa, kerupuk belit, kerupuk ranting yang pedas, kerupuk buleud (bulat), semuanya dibuat dengan teknologi yang manual. Bahannya dari aci (tepung kanji). Kerupuk jenis ini banyak ditemukan di daerah Ciamis, Tasikmalaya dan Garut, bahkan sampai ke Bandung. Pembuat kerupuk di Ciamis begitu melegenda. Usaha turun temurun ini dilestarikan oleh masyarakat cikoneng dan tahan hempasan badai krisis moneter. Pembuat kerupuk ini harus bersaing merebut perhatian konsumen dengan snack-snack dan chiki yang berbungkus lebih menarik.
b. Jitnong (wajit borondong)
Nah, ini masih kategori wajit. wajit terbuat dari beras ketan dan gula merah.rasanya manis. jitnong merupakan wajit yang diluarnya diberi borondong beras. Borondong ini terbuat dari padi yang open dalam mesin manual buatan bengkel. bentuknya seperti pop corn jagung, tapi lebih kecil karena asalnya dari padi. Masyarakat cikoneng membuatnya disamping mereka memproduksi kerupuk. Jitnong dijual perbungkus, sekitar Rp. 2.500,-
c. borondong jagung.
Tidak hanya masyarakat Majalaya Bandung yang bisa membuat borondong jagung,masyarakat cikoneng juga mampu membuatnya. Borondong berbentuk bulatan, sebesar bulat sebesar bola tenis ada juga yang berbentuk segi empat. Biasanya sangat laku ketika musim panen dan musim penghujan. tapi bukan berondong lho ....
Borondong jagung dulu kisaran harganya mulai Rp. 100,-, Rp. 250,- sampai Rp. 500,-
d. tengre (tenteng pare)
Tengre juga sama proses pembuatannya, pare (padi) yang kuning di jemur kemudian diopen dalam open sederhana buatan bengkel. opennya seperti meriam, ukurannya sekitar 1 m, dengan diameter sekitar 40 cm. Masyarakat cikoneng menyebutnya Ngabeledug (sebab jika opennya dibuka akan terdengar letusan yang cukup keras, dan hasil openan akan keluar, kita tinggal memisahkan kulit padi dan padi hasil openannya). padi yang sudah diopen, kemudian dicampur gula merah dan dibentuk bulat-bulat sebesar bila pingpong, rasanya manis dan wangi. Tengre dulu dijual Rp. 100,- persatuan, jika satu bungkus isi 10 maka dijual Rp. 1.000,-
e. kerupuk sengsara (melarat)
Di Jawa Barat, yang saya ketahui pengrajin kerupuk sengsara terdapat di Cirebon dan sekitarnya,juga masyarakat wirausaha di cikoneng Ciamis. Mengapa disebut kerupuk sengsara (melarat) karena kerupuk ini tidak digoreng oleh minyak goreng, tetapi disangrai oleh pasir laut. Orang Bengkulu menyebutnya kerupuk pasir. Nah, kerupuk ini berasal dari tepung kanji, rasanya manis-manis asin. 100 % non kolesterol.Kerupuk sangsara biasanya dijual dalam satuan bungkus sekitar Rp. 4.000,- dan Rp. 6.000,-
f. Marning
marning merupakan jagung goreng. Marning rasanya manis, asin dan sedikit pedas. jagung yang matang dan tua, dijemur sampai kering lalu digoreng. industri rumahan ini masih bertahan, dan di cikoneng khusus produsen marning yang terkenal ada di kampung cinaga. mereka masih bisa bertahan di sela-sela modernisasi makanan dan snack-snack modern. Marning harganya murah, mulai Rp. 100,-, Rp. 500,- , Rp. 2.500,- dan Rp. 5.000,-
g. makroni pedas.
makroni pedas,mulai ngetrend ketika produksi kerupuk dan berondong jagung di kecamatan cikoneng rada sedikit lesu. Wirausaha dari cikoneng mulai melirik untuk membuat makaroni pedas ketika produksi aneka kerupuk dan borondong mereka sedikit limbung, oleh karena itu usaha lain ditempuh yaitu dengan memproduksi makroni goreng. makroni mentah didatangakan dari daerah jawa tengah, kemudian digoreng diberi bumbu dan diberi pedas serta dibungkus kecil-kecil. Harga satuannya ada yang Rp.100. Rp.250 dan Rp. 500,-, Rp. 1000, . Makroni goreng ini sangat diminati oleh anak-anak SD, SMP bahkan SMA di sekitar wilayah Ciamis, Tasikmalaya dan Bandung. Kini Makroni goreng pedas begitu diminati dan memang sangat laku sehingga usaha produksi ini banyak dilakukan oleh kalangan industri rumah tangga di Cikoneng.

Sayang, cara mengolah makanan ringan dan pengelolaan industri rumahan serta kultur wirausaha ini hanya diketahui dan berkembangn pada para pekerja industri rumahan saja. Sangat menarik jika potensi industri rumahan ini dikembangkan dalam kurikulum lokal baik dipendidikan formal maupun di oleh pendidikan non formal. Saya pikir sudah saatnya kita mengangkat industri rumah tangga disekitar kita yang terdekat untuk kemudian di ajarkan pada generasi bangsa kita kita sebab kondisi kewilayahan, wirausaha rumahan yang turun temurun harus terus di lestarikan, dikembangkan dan dijadikan input berharga untuk kurikulum keterampilan lokal dalam lingkup pendidikan kita.
Mengikuti perkembangan jaman boleh-boleh saja, sebab kita juga harus berubah. Berubah ke arah yang lebih menguntungkan dan lebih sejahtera. Saya pikir harus diawali dari sebuah perubahan kurikulum pendidikan keterampilan saja yang sederhana, yang dekat dengan lingkungan kita, yang lebih kita kenali, lebih mudah dipahami dan kontekstual.
Salam

22 komentar

wa'alaikum salam...aku cuma pernah nyoba' borondong jagung dan makroni pedes hehe, btw tq infona :)

Mbak Rara, saya jadi pengen ke bandung, Ciamis dan tasikmalaya. enak yah di sana keknya adem.. makananya juga banyak :D

assalamu alaikum wah dari dulu kepengen bgt kedaerah ciamis dan ci ci laenx tp g ksampean.T.T .aq dah prnah makan mkroninya tp yg laenx lum...brhrap ada yg ngrimin scra grtis.hehe

ass
informasi menarik sis.Youk kita buka bisnis di sana.Btw,aku belum tahu yang krupuk melarat itu.Take care ya sis.
wassalam...

aku penggemar kerupuk lhoh..

cikoneng? lucu juga namanya, baru pertama kali dengar. apanya ciwidey? yang longsor itu?

Assalamu alaikum Neng, lama ndak posting kirain udah mengundurkan diri

jadi kepengen cicip kerupuk sengsara. soalnya cara pembuatannya menarik :)

assalamualaikum..
aulawi : kerupuk sengsara belum nyoba mas?
anaz : iya naz..kapan atuh ke bandung?
epho : hai epo, walaikum salam. selamat menikmati makroni pedasnya.
aisha : walaikum salam sis. kabar baik. kpn2 sy sending deh kerupuk melaratnya kesana. hihii salam
ali masadi : sy juga mas.
elsa : koneng artinya kuning. ya, seperti warna yang mbak suka. ciwidey, di garut mbak. agak jauh.
kang sugeng : walaikum salam kang, iya nih. lg banyak yang harus di beresin aja, hingga lupa posting.
salam untuk semuanya.

wa alaikum salam neng Rara
wah ternyata cukup beragam juga produk dari cikoneng tapi dari yang di uraikan diatas yang bikin saya penasaran adalah tengre...hmmm jd pengen nyoba juga

ini harus digalakkna untuk menangkal makanan makanan impor yang seru0pa cuma menang nama saja.. :)

jalan-jalan ni!
low berkenan, jalan-jalan ke blog aku ya, trus follow balik jg ya!

Assalamualaikum neng Rara

uwaaaa jajanan tradisional saya mah suka neng, bawain atuh biar sekalian nyicip. heheheh

waahh.. aku baru tahu kalo ada kecamatan namanya Cikoneng,, namanya unik hehehe...

Assalamualaikum
wah ada makan nama kerupuk sengsara ya

Wah banyak yah makanan buat oleh2 klo jalan2 ke Ciamis manis,,walau belum pernah maen ke sana tp kayaknya oleh2nya enak2,,salam kenal bro sis

Jd pgn maen ke Ciamis,mksh yah infonya

wah saya yakin marning yang 5ribu itu gak bakalan abis dimaem se Rt heheh


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
terima kasih
:D

salam kenal ya!

low berkenan, follow balk ya!

cikoneng ittuu pasttii kuniinggg yyyy.. hheheh..
baguss juga tu jadi ladanggg wirausahhaaa. wkwkwk

ada yg mau kerupuk sengsara? Silahkan mampir ke opak aci BDH

Neng rara kl blh sy mnta alamat pembuat makaroni kering yah, mksh

Terimakasih atas waktunya untuk berkunjung di rumah kecil ini. O ya, trims juga commentnya.
EmoticonEmoticon