Kamis, 18 Juni 2009

lulusan Paket C...ayo ikut SNMPTN


Assalamualaikum,

Jumpa lagi sob, tulisan ini diawali ketika saya membuka-buka UUSPN (Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional) RI nomor 2o tahun 2003, salah satunya tentang jalur pendidikan nasional. Seperti dicantumkan di bab IV, Bagian kesatu pasal 13 bahwa jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, non formal dan informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya.
Ada yang menarik perhatianku, yaitu salah satunya tentang pendidikan non formal. pendidikan non formal sebelumnya pada undang-undang sisdiknas no 2 tahun 1989, disebut pendidikan luar sekolah. Apapun namanya, yang penting substansinya sama. Perhatian ini semakin tertuju ketika munculnya beberapa lembaga masyarakat penyelenggara pendidikan non formal seperti PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Taman Bacaan, Sekolah Rumah, dan program-program pendidikan non formal lain yang diselenggarakan pemerintah saat ini semakin menjamur. Mungkinkah saat ini adalah saat nya meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan pendidikan yang semakin merata? Semoga.
Pendidikan non formal diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan atau pelengkap dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Salah satu program pendidikan non formal adalah pendidikan kesetaraan. Inget pendidikan kesetaraan, kita tentu diingatkan akan program Paket A, B, C. Lulusan program ini berhak memiliki ijazah. Ijazah untuk Paket A setara dengan ijazah SD/MI, ijazah unutk paket Bsetara denagn ijazah SMP/MTs, ijazah untuk paket C setara dengan ijazah SMU/MA.
UNPK (Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan) Paket C tanggal 23-26 Juni, dan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tanggal 1-2 Juli 2009 bagi lulusan Paket C yang ingin ikut SNMPTN siap-siap aja ya, belajar yang giat dari sekarang. Inget..lulusan paket C memiliki hak untuk ikut SNMPTN. beberapa perguruan tinggi negeri sudah membuka pintu bagi lulusan paket C untuk ikut berlomba dan berkompetisi dalam SNMPTN. selamat berlomba ya, semoga sukses...
jangan lupa, berdoa....
wassalam
(gbr diatas adalah lulusan paket C yang sedang melatih kemampuan berbicara untuk menjadi penyiar di sebuah stasiun radio)

20 komentar

Waah informasi yang bagus niih!! aku mau bilangin sama temen--temen aku yang paket C biar bisa berlomba bersama orang yang sejalan dipaket c..
Banyak banget ditempat aku yang paket C yaa karena sering boloos,,dasar mereka hehe

iia asal 'pengumuman' tuk kelulusan dari esenempete'en dsb gag pake molor2 kek skrg nii... uuuhhh... bnyk yg deg2n gtu... nyambung gag iia?!!??!? biarin! yg penting keduaxxxx...

neng? si eneng tu prmpuan apa lk2 sii??!!? ko' di awal tulisannya ajja udah pake kata2 'sob'...?!?!?! binun... gmn setan 'hembusan' semilir angin kantor semalem? lembur lagi kah hari ini?!?!?!

Kalau lihat jadwalnya, apakah peserta paket c tahun ini bisa ikut SNMPTN tahun ini, jika bisa Alhamdulillah....

Tapi denger2 ijasah keluar sekitar satu bulan?

ass
wah.. kabar bagus sis,dengan semakin banyaknya pendidikan di Indonesia.Senang dan bangga saya mendengarnya.
wassalam

wah mau donk ikutan.mudah mudahan pendidikan di indonesia makin bagus kualitasnya,,ga cuma bgus nama dan gedungnya aja aminnn

buat yg gak lulus kemarin, sabar yahhhhhh....

terimakasih untuk postingnya yang menginformasikan bahwa lulusan paket C juga boleh mengikut SNMPTN, yang selama ini banyak orang merasa minder karena hanya lulusan paket C yang seolah tidak mendapat kesempatan, namun informasi ini sangat membantu & akan saya informasikan ke teman2 saya juga. Terimakasih.

nice info mbak....lanjutkan...*halah*...heheheheh

Yup moga2 peserta paket c taun ini boleh ikutan SNMPTN.

Ass.
kalau lulus masuk ke perguruan tinggi, biayanya gimana? setahu aku kan mayoritas pengikut kerja paket itu kan dari golongan yang kurang mampu
Wass.

Paket C, kenapa tidak. Mungkin ini salah satu solusi bagi anak2 SMA yang tdk lulus UNAS.

iya bozzz bisa ikut SNMPTN. tapi tahun depan jadi ya tunggu aja tahun depan.berjenggot dech.... he he.....
klo ikut tahun ini jelas ndak mungkin. pendaftaran SNMPTN 16 - 26 juni 2009 tesnya 2-3 Juli 2009. la ujian UNPK paket C baru 24 Juni.
ya yang ndk lulus tunggu tahun depan dech.. makanya. . . nurut sama orang tua dan guru. belajar. jok bandel - bandel... klo gni kmu sendiri yang rugi.

mahu lulur cemerlang kena bisa pandai berceloteh...tak gitu

ayo rame2 datengin snmptn
hwahahahhahaha
bagi yang paket c lho

ass.
trims utk waktu dan comment nya.
wassalam

tadinya saya gak paham masalah paket c tetapi habis baca di sini jadi bisa cerita deh. thank you! Salam kenal;-)

trims atas informasinya ^_^

Terimakasih atas waktunya untuk berkunjung di rumah kecil ini. O ya, trims juga commentnya.
EmoticonEmoticon