Selasa, 17 Maret 2009

Rabu Pagi Memburu Rezeki


Allah SWT hari ini kembali menujukkan kekuasaannya, pagi yang indah dan tangan-tangan mentari merajalela menelisik ruang-ruang kehidupan manusia yang bersliweran bersiap mencari setetes rejeki Illahi. Allahu Akbar. Engkau ciptakan manusia untuk mengabdi kepadaMu. Berusaha dan berikhtiar dan Engkau jualah yang menetukan segala keputusan.
Jejak-jejak kaki manusia terlihat kabur tersapu debu jalanan, tertutup asap kendaraan roda dua,tiga , roda empat. Mereka bergegas menuju tempatnya mendulang rejeki, mengais butiran-butiran barokah untuk dibawa pulang dan dinikmati bersama istri dan anak tercinta. Semangat mereka bergejolak, menggelegak!

10:62


"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (Al-Jumu'ah : 10).

Hadits 1/539

Abu Abdullah bin Az-Zubair bin Al-Awwan ra. berkata bahwa Rasululllah saw. bersabda, "Sekiranya seorang di antara kalian membawa talinya, lalu pergi ke gunung kemudian datang dengan membawa seikat kayu bakar di punggungnya untuk dijual, kemudian Allah mencukupkannya (dari meminta-minta), itu lebih baik daripada ia meminta-minta kepada orang, baik diberi maupun tidak diberi." (h.r. Bukhari).

Pelajaran-pelajaran hadits
1. Anjuran untuk bekerja demi mendapatkan rezeki kendatipun seseorang menjalani profesi hina dan sederhana menurut kacamata manusia.
2. Kesungguhan jiwa dalam mencari rezeki yang halal.

(dari :http://2d-heart.blogspot.com/2007/06/anjuran-untuk-memakan-hasil-kerja.html)

Sementara beberapa manusia yang tidak punya kesempatan, tidak punya peluang, terpinggirkan, mereka terserak diantara manusia yang sibuk mendulang harapan, menggali rejeki dengan sekop-sekopnya yang kecil, sedang dan besar. Allahu Akbar. Mereka hidup dari harapan dan cita-cita. Mereka bertahan dalam harapan dan butiran doa yang selalu tercurah kepada Engkau, ya Allah. Meski semangat mereka ada dan bergejolak.
Ya Allah, Ya Razzaqu. Yang sangat memberi rejeki. Kepada Engkau kami memohon. Memohon segala kasih sayangMu. Berilah kami kekuatan untuk bekerja dan berikhtiar sebagaimana Islam adalah agama kehidupan dan agama kerja untuk kebaikan dunia dan akhirat. Ya Allah, mudahkan segala persoalan kami. Mudahkan ya Allah. Amin.



Terimakasih atas waktunya untuk berkunjung di rumah kecil ini. O ya, trims juga commentnya.
EmoticonEmoticon