Kamis, 03 September 2015

Jurnal Pilihan 1

Tags
Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan  Warga Belajar Mencapai Kompetensi Keaksaraan Usaha Mandiri
(Studi  Pada Kelompok Belajar Keaksaraan Usaha Mandiri Di Desa Tugumukti Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat)

Oleh
Dr. Babang Robandi, M.Pd

ABSTRAK

Warga belajar yang telah selesai menguasai kompetensi keaksaraan dasar perlu dikembangkan lagi kompetensi keaksarannya melalui program pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan  pelaksanaan pembelajaran KUM yang selama ini masih memiliki kelemahan. Kelemahan dalam proses pembelajaran KUM diantaranya: 1) Tutor cenderung masih menerapkan strategi pembelajaran yang konvensional, metode ceramah sebagai andalan dalam proses pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran KUM belum menyentuh pada ranah kebutuhan atau masalah dari warga belajar, cenderung keputusan lebih banyak  dilakukan oleh Tutor. 3)  Kewirausahaan atau jenis usaha yang dilakukan oleh warga belajar, hanya sebatas pengetahuan bukan hasil pengalaman mendalam. 4) Tindak lanjut kewirausahaan sebagai strategi keaksaraan, masih berkendala dari aspek jaringan usaha dan modal usaha, sehingga proses pembelajaran hanya sebatas tuntutan bantuan proyek saja.  Tujuan akhir dari  penelitian ini adalah menemukan sebuah model pembelajaran berbasis masalah yang difokuskan pada model pembelajaran berbasis masalah sebagai salah satu model pembelajaran dalam pendidikan luar sekolah untuk meningkatkan kemampuan warga belajar mencapai  kompetensi keaksaraan usaha mandiri.
Penelitian ini dikembangkan dan dilandasi

Jam Tua

Tags
Lengan tua
bersandar pada jam tua
denyut yang lambat
mengabarinya dengan seruan nama Tuhan

Jeritan yang telat
dalam hitungan yang terlambat
merincinya sambil berbisik nama Tuhan